-->

Kamis, 30 Juli 2015

30 Jenis Makanan Yang Sebaiknya Tidak Di Konsumsi Ibu Hamil

Banyak sekali jenis makanan yang menjadi berbahaya bagi ibu hamil muda. Hal itu dikarenakan dalam makanan tersebut mengandung zat yang tidak boleh masuk ke dalam perut ibu hamil. Ibu yang sedang hamil sebaiknya pintar dalam memilih-milih makanan. Jangan asal makan dan suka saja. Selama ini, ibu hamil muda akan mengalami masa ngidam. Ibu hamil muda juga hanya mau makan makanan yang sedang dia inginkan.

Namun sebagai suami atau orang terdekatnya, sebaiknya mengingatkan dan melarang ibu hamil muda untuk mengkonsumsi makanan yang dia inginkan selama makanan tersebut menjadi makanan yang dilarang dan berbahaya untuk kehamilannya.

Berikut ini berbagai macam makanan yang menjadi berbahaya bagi ibu hamil :

1. Makanan Mentah

Makanan mentah sebaiknya jangan dikonsumsi bagi ibu hamil. Makanan mentah seperti seafood dan sushi daging mentah jangan dikonsumsi. Hal itu dikarenakan makanan mentah banyak yang mengandung bakteri dan virus. Ibu hamil yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan mentah bisa menyebabkan terhadap kontraksi dini dan juga janin terinfeksi dengan virus tokso. Virus tokso itu bisa membuat cairan yang banyak di dalam kepala janin, sehingga kepala janin melebihi ukuran normal.

2. Makanan Setengah Matang

Makanan setengah matang sebaiknya jangan dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal itu dikarenakan di dalam makananan yang setengah matang terdapat bakteri salmonella. Bakteri salmonella bisa menyebabkan kontraksi dini bagi ibu hamil. Selain itu diare dan disentri bisa disebabkan oleh bakteri salmonella. Bakteri salmonella itu ada pada :

kuning telur setengah matang
sate setengah matang
daging setengah matang
berbagai macam steak medium well

3. Keju Tanpa Dipasteurisasi

Keju yang tanpa dipasteurisasi adalah keju yang belum di proses. Keju tersebut terbuat dari susu yang belum disterilisasi sehingga mengakibatkan susu tersebut banyak bakteri didalamnya. Saat dijadikan keju pun bakteri yang didalamnya juga masih utuh. Bakteri itu sangat berbahaya bagi ibu hamil karena akan membuat ibu hamil merasakan kram perut hebat hingga mulas-mulas. Semakin banyak bakteri yang menumpuk di dalam tubuh maka semakin berbahaya pula bagi janin dan ibu hamil itu sendiri.

Hal ini juga berlaku untuk manfaat yogurt untuk ibu hamil yang telah dipasteurisasi.

4. Makanan dengan Pemanis Buatan

Jika tidak berhati-hati, ibu hamil bisa mengkonsumsi berbagai makanan berbahaya yang ada pemanis buatannya. Misalnya saja camilan kue, snack dan juga permen. Ibu hamil harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, sebab pemanis buatan banyak zat aditif yang berbahaya bagi kesehatan janin dan juga ibu hamil.

5. Ikan

Ikan adalah salah satu jenis makanan yang bisa mencukupi gizi ibu hamil, namun dalam kondisi tertentu menjadi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, misalnya dalam kondisi mentah. Tidak hanya itu saja, ikan yang banyak mengandung merkuri pun tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Merkuri bisa menyebabkan kecacatan janin dan keguguran bagi janin. Ikan yang didalamnya mengandung merkuri tinggi adalah ikan tenggiri.

6. Olahan Ikan Tenggiri

Berbagai macam olahan ikan tenggiri tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, karena menggunakan bahan dasar olahan ikan tenggiri. Zat merkuri di dalam ikan tenggiri tidak boleh masuk ke dalam kandungan. Jika sampai masuk ke dalam tubuh, janin bisa mengalami gangguan kecerdasan, gangguan sistem otak bahkan keguguran. Olahan ikan tenggiri yang harus dihindari adalah pempek, siomay, batagor dan masih banyak lagi lainnya.

7. Seafood

Bagi pecinta seafood sebaiknya jangan mengkonsumsinya saat hamil. Hal itu dikarenakan makanan yang berbahaya bagi ibu hamil yang berasal olahan seafood, banyak mengandung zat merkuri di dalamnya. Misalnya saja adalah ikan hiu, kepiting, udang dan juga salmon setengah matang.

8. Makanan Kaleng

Makanan kaleng tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Larangan ibu hamil ini dikarenakan makanan yang dikalengkan mengandung zat kimia tinggi. Zat kimia itu jika masuk ke dalam tubuh ibu hamil bisa membuat ibu hamil menjadi keguguran karena janin yang masih kecil bisa teracuni dengan zat kimia tersebut. Makanan itu mislanya saja adalah kornet, sarden, tuna dikalengkan, buah kaleng, manisan kaleng dan masih banyak lagi lainnya.

9. Makanan Berpengawet

Makanan yang diawetkan dengan sistem pengawetan yang tinggi tidak boleh masuk ke dalam tubuh ibu hamil. Hal itu dikarenakan makanan yang mengandung pengawet mengandung zat pengawet tinggi. Janin belum bisa menerima makanan yang mengandung banyak pengawet sehingga janin akan bereaksi. Reaksi janin itu bisa membuat perut kencang dan juga mengalami kontraksi.

10. Makanan Mengandung Pestisida

Kita tidak tahu bahwa saat ini banyak kandungan pestisida yang menempel pada makanan yang dijual di supermarket maupun di pasar tradisional, misalnya pada buah buahan untuk ibu hamil. Sayangnya ibu hamil banyak yang tidak menyadarinya. Pestisida adalah zat kimia yang tidak boleh masuk ke dalam tubuh karena bisa menyebabkan keracunan dan mual-mual. Ibu hamil yang mengkonsumsi makanan yang mengandung pestisida akan mengalami keracunan dan keguguran.

Cara tepat untuk menghindari makanan berpetisida adalah dengan mencuci buah dan sayur yang dibeli entah itu di supermarket maupun pasar tradisional. Jika masih kurang belum yakin. Jangan mengkonsumsi buah bersama dengan kulitnya seperti apel.

11. Makanan Banyak MSG

MSG adalah zat kimia yang membuat rasa gurih pada makanan. Banyak makanan yang ditambahkan MSG untuk membuat citarasa makanan tersebut semakin gurih. Namun tahukah anda, bahwa MSG adalah zat aditif kimia yang terbuat melalui proses kimia. Zat itu bisa menyebabkan janin dalam kandungan mengalami gangguan otak dan kecerdasan. Tidak hanya itu saja, makanan ber MSG bisa membuat ibu hamil mengalami kontraksi dini akibat makanan kimia tersebut.

12. Makanan Berformalin

Ibu hamil yang suka jajan sembarangan terutama bakso dan mie ayam, sebaiknya mulai menghindari makanan yang berbahaya bagi ibu hamil ini. Hal itu dikarenakan banyak penjual yang tidak bertanggung jawab yang mencampuri makanannya dengan boraks dan formalin. Boraks dan formalin jika sampai masuk ke dalam tubuh ibu hamil bisa membuat janin yang dikandungnya mati. Detak jantung janin tidak bergerak dan berdetak lagi, janin juga tidak berkembang sebagaimana mestinya.

13. Daging Kambing

Daging kambing tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena sifat dari daging kambing tersebut adalah panas. Boleh saja memakan daging kambing dalam satu suap atau dua suap, asalkan tidak berlebihan. Daging kambing sifatnya panas, berbeda halnya dengan daging sapi. Jika sampai daging kambing menimbulkan rasa panas di dalam rahim, akibatnya adalah janin tidak bisa menahan atau bertahan dengan suhu yang panas. Hal ini bisa menjadi penyebab keguguran janin dan runtuh dari rahim.

14. Olahan Daging

Ibu hamil muda tidak boleh memakan berbagai macam olahan daging. Penelitian menunjukkan bahwa olahan daging yang dibuat dengan cara yang tidak higienis bisa menyebabkan janin gugur dalam usia yang masih muda. Daging olahan itu adalah kornet, daging mackerel, dendeng, abon dan masih banyak lagi lainnya.

15. Kue Cokelat

Cokelat memang sangat enak dan lezat, terutama manfaat coklat untuk ibu hamil yang dikabarkan bisa menetralisir stress. Sehingga orang yang memakan cokelat bisa terhindar dan merasakan tenang saat stress. Namun tahukah anda jika cokelat harus dikonsumsi secara terbatas oleh ibu hamil? Hal itu dikarenakan cokelat terdapat kandungan kafein yang tinggi. Kandungan kafein yang tinggi bisa menyebabkan rasa panas di dalam rahim, jika rahim terasa panas janin tidak mampu bertahan di dalam rahim. Sehingga janin tersebut terlepas dari dinding rahim dan gugur.

16. Whipped Cream

Whipped cream adalah salah satu toping kue yang sangat digemari karena rasanya manis dan lembut. Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi whiped cream. Terutama whiped cream mentah. Alasannya adalah :

Whiped cream mentah adalah whiped cream yang tidak melalui proses pengovenan dan pematangan dahulu.
Pembuat kue yang tahu akan kesehatan, setelah dia mengoleskan whiped cream pada permukaan kuenya dia akan melakukan pengovenan selama 5 menit untuk mematikan bakteri yang ada dalam whiped cram tersebut.
Pembuat kue yang asal tanpa memperhatikan kesehatan banyak, biasanya akan membiarkan whiped creamnya dalam keadaan mentah.
Whiped cream banyak dijumpai pada cupcake dan juga hiasan kue kering.
Tidak boleh dikonsumsi karena whiped cream mentah terbuat dari putih telur yang mengandung bakteri karena tidak melalui proses pemasakan dan pematangan terlebih dahulu.

17. Pasta Kopi

Pasta dengan rasa kopi tidak boleh dikonsumsi. Begitu pula dengan makanan yang bahan dasarnya menggunakan kopi. Pantangan makanan ibu hamil ini karena kopi banyak mengandung kafein. Kafein yang ada pada kopi tidak baik untuk kesehatan janin di dalam rahim. Efek dari kafein tersebut adalah rasa panas. Rasa panas itu bisa membuat janin luruh dan gugur dari dinding rahim.

18. Makanan Pahit

Banyak makanan yang jika dikonsumsi akan terasa pahit. Makanan pahit sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil baik itu hamil muda maupun hamil tua. Efek dari makanan pahit tersebut adalah bisa membuat janin gugur karena rasa dingin yang dihasilkan dari makanan pahit tersebut. Makanan pahit itu adalah sayur pare, sayur daun pepaya dan juga daun katuk. Selain bersifat dingin, makanan pahit memiliki efek sama dengan jamu, yang menyebabkan janin keguguran. Sebab ada kandungan jamu yang tidak bisa diterima oleh janin. Jamu juga menjadi minuman terlarang oleh ibu hamil.

19. Sayur Mentah

Ibu hamil, jangan biasakan memakan makanan dalam kondisi mentah. Baik itu daging maupun sayuran. Sayuran mentah bisa mudah ditemui pada lalapan. Sayuran yang sering dijadikan lalapan adalah daun kemangi, daun kol, buncis, kacang panjang dan juga wortel Alasan makanan yang berbahaya bagi ibu hamil ini karena :

Sayur mentah mengandung banyak bakteri, bakteri yang ada pada sayuran tersebut bisa membuat ibu hamil muntah, mual dan juga pusing.
Ibu hamil juga bisa terkena diare atau bahkan disentri.
Janin juga bisa terinfeksi dengan bakteri, akibatnya janin tidak bisa berkembang dan harus di kuret atau bahkan keguguran.

20. Makanan Mengandung Pewarna Sintetis

Pewarna sintetis maupun pewarna makanan yang tidak alami sebaiknya jangan dikonsumsi. Pewarna tersebut sangat tidak baik untuk kondisi janin yang ada di dalam kandungan. Zat kimia yang ada pewarna sintetis dan juga pewarna makanan bisa mengganggu perkembangan janin hingga janin harus dikuret karena tidak berembang.

21. Mayonaise

Banyak dari anda tentu bertanya-tanya, mengapa mayonaise tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebelum menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya ibu hamil tahu cara pembuatan mayonaise. Mayonaise adalah saus yang terbuat dari kuning telur maupun putih telur yang mentah. Telur tersebut diaduk secara terus menerus dan dicampurkan dengan minyak sehingga membentuk emulsi.

Mayonaise tersebut menjadi makanan yang berbahaya bagi ibu hamil dikarenakan terbuat dari kuning telur mentah sehingga mengandung bakteri salmonella. Bakteri salmonella sangat berbahaya bagi ibu hamil muda dan kondisi janin di dalam kandungan ibu hamil.

22. Tape

Tape adalah makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Hal itu dikarenakana proses fermentasi pada tape bisa menghasilkan zat alkohol di dalamnya. Jika alkohol tersebut terlalu berlebihan masuk ke dalam tubuh ibu hamil bisa mengakibatkan rasa panas di dalam rahim. Janin tidak bisa bertahan dengan kondisi rahim yang panas. Akibatnya janin tersebut tidak bisa bertahan dan melepaskan diri dari dinding rahim.

22. Peyem

Pernahkah anda mendengar kata peyem? Peyem adalah makanan khas dari bandung yang terbuat dari singkong direbus kemudian diberikan ragi. Ragi itu berfungsi untuk menghasilkan proses fermentasi pada peyem tersebut sehingga rasa peyem akan manis dan juga asam. Rasa asam itu dihasilkan dari proses fermentasi dari ragi yang ditaburkan pada peyem.

Fermentasi akan menghasilkan alkohol, sedangkan alkohol tidak boleh masuk ke dalam ibu hamil muda sebab bisa menyebabkan keguguran.

24. Manisan

Manisan adalah makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Penyebabnya adalah manisan mengandung kapur sirih. Kapur sirih itu juga bisa menghasilkan proses fermentasi dan menghasilkan alkohol. Alkohol tidak boleh masuk ke dalam rahim ibu hamil karena rasa panas yang dihasilkan bisa membuat janin gugur dan rontok.

25. Makanan Pedas

Makanan pedas tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil muda hal itu dikarenakan bisa menyebabkan rasa panas di dalam rahim. Rasa panas itu bisa menyebabkan rahim gugur karena tidak kuat menahan rasa panas di sekitarnya. Hal tersebut juga bisa menjadi gangguan kehamilan bagi ibu hamil yang memiliki kecenderungan asam lambung tinggi.

26. Makanan Olahan Tape

Tape adalah makanan yang tidak boleh dikonsumsi karena alkohol yang ada di dalamnya. Sedangkan bahan olahan yang menggunakan bahan dasar tape juga tidak boleh dikonsumsi meski sudah berubah bentuk namun kandungan didalamnya masih tetap sama. Olahan tape yang tidak boleh dikonsumsi adalah permen tape, dodol tape dan masih banyak lagi lainnya.

27. Yogurt

Syah-syah saja ibu hamil muda ingin mengkonsumsi yogurt. Asalkan dia memperhatikan bahan baku untuk pembuatannya. Banyak produsen yogurt nakal yang tidak memperhatikan aspek konsumen asal dalam menggunakan bahan baku. Bahan baku yogurt adalah susu sapi. Susu sapi sebenarnya baik untuk kesehatan asalkan melalui proses pemasakan dan proses sterilisasi.

Yogurt yang menggunakan bahan baku susu sapi atau susu murni mentah merupakan makanan yang berbahaya bagi ibu hamil karena adanya bakteri salmonella didalamnya. Bakteri itu bisa menyebabkan janin di dalam kandungan gugur dan janin yang dikandung ibu hamil mengalami gangguan janin.

28. Makanan Berbahan Susu Fermentasi

Banyak makanan yang dibuat menggunakan bahan susu hasil fermentasi. Susu yang telah di fermentasi tidak boleh dikonsumsi meskipun bentuknya telah diubah menjadi makanan. Susu fermentasi mengandung banyak alkohol yang bisa menyebabkan rasa panas di dalam rahim. Janin tidak bisa tumbuh dan bertahan di dalam rahim yang suhunya panas sehingga janin tersebut akan gugur.

29. Daun Rosemarry

Daun rosemarry banyak ditemukan menjadi garnish suatu masakan. Meskipun hanya dijadikan garnish, banyak orang yang suka memakan garnish dari daun rosemarry tersebut. Daun itu memiliki rasa manis dan sedikit mentol di dalamnya. Mentol tersebut dihasilkan dari alkohol yang ada dalam daun itu. Daun ini bisa menyebabkan kontraksi dini dan ibu hamil mengalami keguguran.

30. Makanan Olahan Daun Berry

Daun berry mengandung banyak alkohol di dalamnya, karena daun berry tersebut sangat membahayakan bagi ibu hamil sebab menimbulkan rasa panas di dalam rahim. Rasa panas tersebut akan menghasilkan dampak bagi ibu hamil berupa kontraksi dini sehingga rawan untuk keguguran. Daun berry banyak diolah dalam makanan herbal dan minuman herbal.
Sumber : hamil.co.id

Previous
Next Post »