-->

Minggu, 21 Juni 2015

Siapa Saja yang Dibebaskan dari Siksa Malaikat di Dalam Kubur

Siapa Saja yang Dibebaskan dari Siksa Malaikat di Dalam Kubur - Di dalam Islam dijelaskan perihal adanya pertanyaan dan siksa kubur. Tiap-tiap manusia akan ditanya oleh dua malaikat, yakni Munkar dan Nakir, mengenai hal-hal yang juga telah dijelaskan dalam Al Quran.

Yakni perihal Tuhan, malaikat, agama, kitab, kiblat, rasul, takdir, nikmat-siksa kubur, hari kiamat, surga dan neraka, dan lain sebagainya.

Disebutkan, bahwa mereka yang mampu menjawab pertanyaan dengan baik akan lepas dari siksa kubur. Sebaliknya yang tidak, bakal mendapatkan azab yang sangat pedih.

Namun tahukah Anda jika ternyata ada orang-orang yang kelak tidak mendapatkan pertanyaan dan siksa kubur dari malaikat-malaikat ini? Siapa saja mereka?

Syekh Sa'id bin Muhammad Ba'asyin dalam Busyrol Karim, mengatakan bahwa pertanyaan- pertanyaan malaikat di dalam kubur, berlaku bagi setiap mukallaf, kecuali orang yang dibebaskan. Mereka ini adalah para nabi dan rasul, syuhada, siddiq, orang-orang yang mati syahid di medan pertempuran menegakkan agama, penjaga di perbatasan daerah musuh, dan orang yang melazimkan bacaan surat "Tabarok" atau "Haa Miiim As-Sajdah" setiap malam.

Dibebaskan pula orang-orang yang meninggal karena menderita sakit sampar (sejenis penyakit kulit yang sangat sulit sembuh) serta orang-orang muslim beriman yang meninggal di hari Jumat.

Terlepas dari paparan dalam tulisan Syekh Sa'id bin Muhammad Ba'asyin, tiap-tiap manusia wajib mempersiapkan diri untuk bekal di alam kubur ini. Caranya tentu dengan meningkatkan keimanan, menjauhi larangan Allah dan mengerjakan segala perintah-Nya. Amin

Previous
Next Post »