-->

Senin, 12 Oktober 2015

Langkah Sederhana Memulai Bisnis dari Nol

Memulai sebuah bisnis dari nol adalah sebuah proses layaknya membangun fondasi rumah. Para pengusaha sukses dunia pun tentu memulai usahanya dari nol. Dalam merencanakan sebuah bisnis tak semua keinginan berjalan dengan mulus, banyak penghalang yang akan menghampiri kita. Namun seiring berjalannya waktu kita harus tetap berusaha dan tak goyah apa lagi mundur.

Berikut beberapa langkah memulai usaha seperti dikutip dari entrepreneur.com,

1. Riset Pasar
Mengetahui siapa pangsa pasar dari produk Anda merupakan hal mendasar. Namun perlu diperlengkap lagi dengan mengetahui kompetitor. Dalami pangsa pasar dan kekuatan serta kelebihan kontributor. Pelajarilah semuanya.

2. Tetapkan Tujuan Keuangan
Tetapkanlah rencana dan target dalam enam bulan ke depan. Setelah itu, evaluasilah kinerja dalam kurun waktu tersebut. Cari tahu apa yang perlu Anda lakukan setiap hari untuk bisa mencapai target.

3. Jika Anda membuat website, pastikan shareable
Pastikan website Anda mudah untuk dishare. Sehingga bisa menjadi referensi pasar. Apalagi jika Anda sedang mengembangkan merek baru. Penting untuk membuat konten yang unik. Jika konten Anda menarik, pelanggan akan kembali ke website Anda.

4. Buat Daftar
Membuat daftar email atau nomor kontak adalah salah satu cara penting dalam membangun bisnis. Pastikan mereka mendapatkan informasi mengenai produk di website yang Anda kembangkan. Kenalkan pelanggan dengan produk dan berikan servis yang bernilai

5. Segera launching produk
Pada poin dua telah tertera tujuan dan rencana keuangan. Setelah produk diluncurkan, hadapilah kondisi pasar dan bangunlah jaringan yang baik dengan pelanggan. Jika ada kendala segera atasi.

6. Mulai Sekarang
Banyak orang membuang-buang waktu untuk berpikir mencapai kesempurnaan sebelum mereka memulai bisnis. Biasanya berkutat hal detail seperti design logo, membangun website, dan merencanakan semuanya. Jangan terlalu lama. Jualah produk Anda sekarang juga, jika memungkinkan tawarkan pre-order.

Fokuslah pada penjualan dan bagaimana menarik pelanggan. Asal tahu saja, perusahaan sukses kerap meluncurkan produk kapan saja dan mereka tidak sempurna. Kesempurnaan bisa diciptakan sambil berjalan. Lihatlah Facebook yang kerap melakukan perubahan dan perbaikan. Mulailah dengan produk yang kecil dan selalu menyempurnakannya.

Previous
Next Post »