-->

Kamis, 04 Juni 2015

Hati Hati! Beredar Durian Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Di Indonesia durian adalah salah satu buah yang populer dan banyak digemari. Buah musiman ini memiliki rasa dan aroma yang menggoda. Namun apa jadinya bila buah berduri ini ternyata mengandung bahan kimia?

Berita yang beredar di media sosial Malaysia melansir sebuah foto yang menunjukkan buah durian sedang diberi pewarna tekstil.

Seorang pekerja nampak sedang mencelupkan buah durian kedalam ember berisi bahan kimia berwarna kuning. Seperti diberitakan dalam Berita Harian Malaysia bahan kuning tersebut adalah pewarna tekstil dan bahan kimia Sulfur.

Menurut keterangan Pihak bidang kesehatan Malaysia mengungkapkan sulfur digunakan agar durian dapat awet dan tahan lama ​sedangkan pewarna tekstil memberikan tekstur durian agar terlihat cerah dan matang.

Bila buah durian kuning berpewarna ini dikonsumsi sangat berbahaya. Pasalnya, mengandung racun bila masuk ke dalam tubuh.

Belum dipastikan buah durian ini masuk ke Indonesia. Tetap waspada pada buah-buah import lainnya bisa jadi terdapat bahan pengawet berbahaya lainnya.

Belum lama ini memang sedang heboh beberapa makanan palsu, ditambah lagi beredarnya kabar durian mengandung bahan kimia berbahaya ini, membuat resah para netizen.

“Beras plastik udah, mie pake formalin udah, bakso boraks udah, gorengan plastik udah, durian mengandung zat gak jelas udah, besok apa lagi coeg? Btw ada yang mau nambahin?” komentar Nawang.

“Terus disuruh makan apa, kalau semua makanan udah gak bolehh? Dari mulai bahan pengawet, mengandung plastik, formalin,” tambah Serunie.

“Heran makanan udah segala gak aman untuk dimakan..Lama-lama rakyat mau makan apa? Jangan-jangan nanti 2016 ubi pun pake borak..Sungguh heran yang buat makanan seperti itu..beras makanan pokok pun sekarang ditakuti masyarakat saat mau mengkonsumsi..” tambah Abenk lagi dalam komentarnya.


Seorang netizen mengaku sudah pernah menemukan hal seperti ini.

“Kalau duren di Indonesia udah gak asing. Banyak duren suntikan. Saya sendiri udah pernah ngalami banyak juga pedagang di tepi jalan yang jual duren. Putih bisa jadi kuning. Waspada saudara kalau beli durian, bawah kuning sampai tengah, ujung putih, putih kuning waspada duren putih jadi kuning,” tulis Arifin dalam komentarnya.

Terkait durian mengandung bahan kimia berbahaya ini, bagaimana komentar kalian? Untuk lebih menjamin kualitas bahan makanan yang akan kita konsumsi, belilah buah-buahan lokal yang memiliki tekstur alami yang lebih aman.
Sumber : Rima News

Previous
Next Post »