-->

Rabu, 24 Juni 2015

Hati2 Gaes! Berlebihan Konsumsi Makanan Bersantan Saat Buka Puasa


Selama puasa kita mudah menemui makanan dan minuman bersantan seperti kolak, wedang kacang hijau hingga variasi es. Adakah efek negatif terlalu sering mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut?

Konsultan dan ahli gizi My Meal Catering Semarang, Rahma Asfiyatul menjelaskan kalau santan itu sebetulnya tidak dianjurkan dikonsumsi berlebih karena kandungannya dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) jika dikonsumsi berlebih, baik saat berbuka maupun sahur.

Selain itu, santan juga mengandung lemak tak jenuh yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Dengan kondisi lambung kosong selama puasa sebaiknya hindari makanan dan minuman yang bisa memicu meningkatnya asam lambung.

Apalagi makanan yang bersantan kental sangat sulit dicerna lambung. Ini bisa menyebabkan gejala sakit maag bila berkepanjangan.

Konsumsi es juga sebaiknya dihindari selama berbuka maupun sahur. Tubuh akan lebih nyaman dengan konsumsi minuman yang hangat.

Di samping itu es juga memiliki sifat yang dapat mengenyangkan perut sehingga dikhawatirkan kita melewatkan menu utama saat berbuka atau sahur. Padahal tubuh butuh nutrisi untuk ketahanan tubuh selama puasa. (*)

Previous
Next Post »