-->

Sabtu, 01 Agustus 2015

8 Kesalahan Menggosok Gigi Yang Anda Tidak Sadari

8 Kesalahan Menggosok Gigi Yang Anda Tidak Sadari

Seni menyikat gigi jauh lebih kompleks daripada yang selama ini diketahui. Beberapa kebiasaan sehari-hari bahkan sebenarnya menyebabkan kerusakan yang signifikan pada gigi.

Berikut ini delapan kesalahan terbesar yang tidak disadari kebanyakan orang tentang perawatan gigi berdasarkan pemaparan dokter gigi terkemuka selebriti dari Australia, dr Michael Tam kepada Dailymail.

1. Membilas

Kebanyakan orang berpikir sangatlah penting untuk membilas setelah menyikat gigi. Para ahli tidak setuju.

"Orang-orang mungkin tidak menyadari hal ini, tapi tidak baik untuk membilas langsung karena seharusnya kita ingin pasta gigi berefek menciptakan kondisi yang ideal di lingkungan mulut," katanya.

"Lebih baik meludah saja, tapi tidak bilas. Sebaiknya Anda meninggalkan fluoride pada gigi selama minimal 30 menit setelah menyikat."


2. Sikat Gigi Langsung Setelah Makan

Terkadang waktu yang sempit di pagi hari sebelum beraktivitas membuat kita langsung menggosok gigi setelah sarapan. Namun, penting untuk menunggu 30 menit setelah makan sebelum menyikat.

"Makanan dan minuman asam seperti jus jeruk melunakkan enamel pada gigi, jadi penting untuk menunggu pH (tingkat keasaman) mulut untuk seimbang lagi sebelum menyikat gigi, "kata dr Tam.

Jika tidak memungkinkan karena waktu yang serba ketat, dr Tan menyarankan untuk mengganti minuman yang asam dengan minuman yang lebih basa seperti susu.

3. Menyikat terlalu Keras

Sebagai dokter gigi, dr. Tam prihatin dengan kerusakan yang disebabkan oleh kebiasaan menyikat gigi yang jamak dilakukan sejak dulu. Dokter Tan menyarankan Anda untuk menggunakan sikat berbulu lembut dan tentunya menyikat dengan lembut.

"Orang-orang menyikat terlalu keras dan terlalu kasar. Kita menemukan banyak gigi yang rusak cara menyikat seperti ini," katanya.
dari dua menit.

"Jika Anda menyikat kurang dari dua menit, Anda akan lebih mungkin meninggalkan lebih banyak tartar dan sisa makanan pada gigi. Termasuk semua noda," kata dr Tam.

Menurutnya, kita perlu waktu dua menit dan tidak terburu-buru. Jika tergesa-gesa, berarti orang akan menyikat lebih keras dan lebih cepat sehingga menyebabkan kerusakan pada gigi.

4. Menyikat Kurang dari Dua menit

Dokter Tam menekankan bahwa orang harus menyikat tidak kurang dari dua menit.

"Jika Anda menyikat kurang dari dua menit, Anda akan lebih mungkin meninggalkan lebih banyak tartar dan sisa makanan pada gigi. Termasuk semua noda," kata dr Tam.

Menurutnya, kita perlu waktu dua menit dan tidak terburu-buru. Jika tergesa-gesa, berarti orang akan menyikat lebih keras dan lebih cepat sehingga menyebabkan kerusakan pada gigi.

5. Ngemil Terlalu Sering
Ngemil terlalu banyak sepanjang hari dapat menyebabkan kesehatan gigi yang buruk dan akan diperparah saat menggosok gigi dengan cara yang tidak tepat.

"Dalam mulut yang normal, kita memiliki tingkat pH yang netral dan ketika kita ngemil, tingkat keasaman meninggi dan menyebabkan masalah pada enamel (lapisan terluar gigi)," kata dr Tam.

"Dibutuhkan waktu lima menit untuk air liur mengembalikan keseimbangan pH mulut. Jadi, jika kita ngemil sepanjang hari, gigi akan berada pada lingkungan asam yang lebih lama dan akan lebih mudah rusak. Bukan hal yang baik ngemil sepanjang waktu."

6. Ruginya Tidak Minum Air Keran

Fluoride secara alami ditemukan dalam air keran, jadi mereka yang minum air disaring kehilangan perlindungan gigi ekstra.

"Fluoride adalah mineral yang sangat bagus untuk gigi. Sementara air yang disaring, mineralnya sudah diambil - termasuk fluoride," kata dr Tam.

7. Hanya Menyikat Bagian Depan Gigi

Orang sering menyikat gigi dengan tujuan agar mendapatkan senyum yang sehingga bagian belakang gigi sering diabaikan.

"Plak menumpuk di belakang gigi juga. Sangat penting untuk menyikat seluruh gigi; depan, belakang, dan samping" kata dr Tam.

8. Gosok Gigi Sambil Mandi

Menyikat gigi saat mandi sepertinya teknik multi-tasking yang sempurna. Namun ini juga membuat kita kurang fokus pada proses menyikat gigi.

"Lebih baik menyikat gigi di depan cermin sehingga Anda sadar apa yang Anda lakukan. Anda perlu memperhatian sudut sikat anda benar," kata dr Tam.

Mematikan keran dan benar-benar menyikat seluruh bagian gigi adalah hal yang sangat penting.

Previous
Next Post »