-->

Rabu, 03 Juni 2015

Mau Beli TV Yang Bisa Di Gulung, Coba Intip LG Seharga Rp 118 juta in

Setelah TV super tipis yang bisa ditempel di tembok layaknya wallpaper, kini LG sedang bersiap memamerkan layar jenis baru di konferensi 2015 Society for Information Display, AS, minggu ini.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Cnet, Rabu (3/6/2015), layar fleksibel berukuran 18 inci dengan teknologi OLED (Organic Light-Emitting Diode) itu bisa digulung layaknya kertas dengan radius 3 cm tanpa mempengaruhi tampilannya.

Kehadiran "layar gulung" ini sebenarnya telah diketahui sejak pertengahan tahun lalu. Ketika itu, LG menjanjikan bakal berupaya meningkatkan ukurannya dari 18 inci menjadi lebih dari 60 inci pada 2017 mendatang.

OLED dipercaya bakal menjadi masa depan industri display. Teknologi ini pula yang bulan lalu memungkinkan terwujudnya TV "wallpaper" berukuran 55 inci yang tebaalnya kurang dari 1mm.

Layar OLED pun menghasilkan cahaya sendiri sehingga tidak memerlukan bantuan backlight seperti halnya panel LCD. Inilah mengapa teknologi display tersebut bisa dipakai membuat layar super tipis.

Pabrikan-pabrikan elektronik besar seperti LG, Samsung, dan Sony telah memproduksi layar OLED masing-masing. Namun untuk saat ini volume produksinya masih rendah sehingga harga produk akhirnya relatif tinggi.

TV OLED 65 inci 4K dari LG, misalnya, dibanderol mencapai kisaran 9.000 dollar AS atau lebih dari Rp 118 juta.

Namun LG tetap yakin dengan masa depan OLED dan terus mendorong pengembangan layar jenis ini. Adapun mengenai layar gulung LG, perusahaan yang bersangkutan masih belum mengungkapkan kapan ia akan tersedia untuk konsumen atau bagaimana bentuk implementasinya dalam bentuk produk jadi.

Previous
Next Post »